Pembatas Kapasitas Parkir Kendaraan dengan PLC

          Sistem aplikasi sederhana menggunakan PLC, yang dapat membatasi kapasitas kendaran dengan maksimum 100, setiap kali mobil masuk secara otomatis PLC akan menambahkan ke jumlah total kendaraan, setiap kali mobil keluar maka PLC akan mengurangi nilai total kendaraan secara otomatis. Ketika jumlah kendaraan mencapai nilai 100 maka sinyal indikator tempat parkir akan menyala yang menandakan kapasitas penuh, dan memberi tahu pengemudi lain untuk tidak masuk karena sudah tidak ada tempat lagi.

Gambar aplikasi
 

Cara kerja:
Sensor S1 pada pintu masuk garasi parkir di set pada IR200.00, bit ini untuk mengeksekusi dua instruksi dalam program, yang pertama mereset Carry bit CY (Ini diperlukan sebelum perhitungan lain dilakukan), instruksi kedua untuk menambahkan satu jumlah mobil pada HR00 dan menjumlahkannya lalu hasilnya disimpan dalam HR00. Ruang memory HR (Holding Relay) dipilih untuk menyimpan jumlah kendaran karena ketika supply padam memori didalam HR tidak akan hilang.
Simbol "#" di samping dan instruksi pengurangan mendefinisikan konstanta desimal yang sedang ditambahkan atau dikurangkan dari sejumlah mobil yang sudah ada di garasi. Kondisi untuk melaksanakan instruksi perbandingan BPT selalu dieksekusi karena bitSR253.13 selalu diset, perbandingan akan dilakukan dalam setiap siklus terlepas apakah mobil telah memasuki atau meninggalkan garasi.
Sinyal lampu untuk "garasi penuh" terhubung ke output IR010.00.Kerja lampu dikendalikan oleh EQ (equal) flag di alamat SR255.06 dan GR (greater than) flag di alamat SR255.05. Kedua bit di ORkan (OR logika) dengan output IR010.00 lampu sinyal. Lampu  menyala ketika sejumlah mobila lebih besar dari atau sama dengan 100.


Untuk Download Versi Lengkapnya Disini 


 


Comments

Popular posts from this blog

Download firmware D-Link DIR-612 N300 Wireless Router

APLIKASI MIKROKONTROLER DENGAN LED DAN SEVEN SEGMEN PADA TRAFFIC LIGHT PEREMPATAN

Motor Split Phase